"Just because you can't see it, doesn't mean it isn't there" - Laut bukan tempat sampah!

11/30/15

Kuliner di Yogyakarta

Wisata kuliner sepertinya menjadi hal wajib bagi sebagian pelancong jika sedang berkunjung ke kota lain. Berikut adalah beberapa tempat kuliner atau makanan yang menurutku wajib coba kalo kamu berkunjung ke Yogya, mayan-lah buat referensi.. ;))
cheers.. ;)

Angkringan

Nongkrong di angkringan sepertinya hal yang tabu untuk ditinggalkan kalo kamu berkunjung ke Kota Yogyakarta. Angkringan bisa kamu temui di sepanjang Jl. Malioboro maupun di dekat Stasiun Tugu. Angkringan ini sebutan untuk pedagang kaki lima pinggir jalan yang berjualan makanan dan minuman ringan. Ciri khas Angkringan ini adalah menjual nasi kucing..

Eh iya, nasi kucing ini bukan nasi buat kucing yeee.. tapi nasi yang dibungkus dengan kertas dimana jumlah nasinya hanya sedikit (jumlahnya seperti nasi yang diberikan untuk kucing), ga lebih dari sekepelan tangan.

Nah, nasi ini dilengkapi dengan berbagai macam lauk yang juga dengan jumlah minim di dalamnya. Biasanya lauk di dalam nasi berupa telur, mie, tempe, dan ayam suir. Harga nasi kucing pun terbilang murah sebungkusnya mulai dari Rp 2.000.

Nasi kucing di angkringan..

11/26/15

Pesona dan Derita Taman Buah Mangunan (Tour De Kebun Buah - part. 2)

Cerita sebelumnya ... Terik di Embung Nglanggeran

Artikel Pesona dan Derita Taman Buah Mangunan ini adalah bagian ke dua dari seri Tour De Kebun Buah. Seperti yang sudah kukatakan di artikel sebelumnya, perjalanan dari satu kebun buah ke ke kebun buah lainnya ini kulakukan tanpa sengaja. Baru ngeh-nya pas udah kelar jalan-jalan.. ;))

Yasud.. mendingan lanjut lagi aja yaks ceritanya.. ^^

Dari Perempatan Patuk motor dipacu ke arah Bantul. (Kalau dari arah Embung Nglanggeran arahkan motor lurus terus aja saat kamu tiba di perempatan Patuk. Jangan belok ke kiri (arah Wonosari)).

Di sepanjang jalan menuju Taman Buah Mangunan, penuh dengan hutan-hutan kecil dan kebun warga yang rimbun. Pepohonan yang berdiri di tepi jalan seolah berlomba memayungi pengguna jalan dengan menciptakan bayangan gelap di atas aspal jalan raya.. ^^

lebatnya hutan di kiri - kanan jalan

Sesekali kami berpapasan dengan pengendara motor atau mobil, tapi tak banyak.. emm.. lebih tepatnya, jalan menuju Taman Buah Mangunan sepi dari pengguna jalan. Jadi kebayang, kalo malem-malem lewat sini serem amat yaks.. (-_-!) 

FYI: Karena begitu rimbunnya pepohonan di sepanjang jalan menuju Taman Buah Mangunan, aku tidak menyarankan untuk kamu (terutama buat cewek-cewek) datang ke tempat ini seorang diri atau naik motor seorang diri pada sore/malam hari. Pasalnya, di sepanjang jalan tidak terdapat lampu/penerangan di jalan. Di tambah lagi, jarak hunian yang satu dengan yang lainnya saling berjauhan.

11/13/15

Terik di Embung Nglanggeran (Tour De Kebun Buah part. 1)

Cerita sebelumnya.. Museum Ullen Sentalu Mistis?

Holaa..
Untuk tulisan kali ini daku bikin dua seri dengan tema Tour De Kebun Buah. Tulisan berjudul "Terik di Embung Nglanggeran" ini merupakan part. 1 dari seri Tour De Kebun Buah.

Kenapa temanya Tour De Kebun Buah? karena lagi-lagi tanpa sengaja aku menjelajahi tempat-tempat yang penuh diisi puun puun buah, yaealah.. kalo diisi keju jadi martabak keju dong.. #eh :D

Ada dua kebun buah yang kutuju, pertama Embung Nglanggeran, dan yang kedua adalah Taman Buah Mangunan. Keduanya terletak di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta.

Olrite.. prambule-nya cukup segitu aja yaks.. mendingan baca aja yuks cerita daku sewaktu menjelajahi Embung Nglanggeran ala backpacker, maree.. ^^

Embung Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta

(05/04/2015)

Sekitar pk. 08.25 pagi, aku sudah berada di dalam bus TransYogya No. 3A tujuan Terminal Giwangan. Butuh waktu setengah jam berkendara dari Malioboro ke Terminal Giwangan. Pagi itu suasana terminal masih sepi, sebagian warung dan toko masih tutup. Aku melangkah menghampiri sebuah bus dengan tulisan "Wonosari" yang menempel di kaca depannya.

Hari itu aku memang ingin menjelajahi kembali wilayah Gunung Kidul karena wilayah ini memiliki banyak pemandangan alam yang luar biasa indah. Aku duduk persis di belakang supir bus. Sengaja memilih duduk di situ supaya mudah berkomunikasi dengan supir (gue pan kaga tau jalan cuy.. :p).

8/26/15

Museum Ullen Sentalu Mistis?

Kelamaan berhibernasi dan asyiknya belajar bisnis baru membuatku sementara waktu lupa berblogging ria, hehe..
Yasudlah, mumpung belom basi, yuks... simak ceritaku sewaktu mengunjungi Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta, maree... ^_^


Mistis?
(04/04/2015)

Berbekal panduan yang sebelumnya sudah kukumpulkan dari internet, pagi itu aku niat betul ingin menyambangi Museum Ullen Sentalu yang terletak di Jalan Boyong Km 25, Kaliurang Barat, Pakem, Sleman, Yogyakarta.

Apalagi saat seorang teman berkata bahwa museum yang satu ini penuh dengan aura mistis, membuatku semakin penasaran untuk mengunjunginya. "Tempatnya creepy gitu Peh, kaya ada aura magic-nya. Tapi itu tempat keren banget! swear deh... kudu lu satronin," tutur teman tadi.

Entah ia sedang promosi atau memang penggemar aliran magic atau memang percaya dengan hal-hal yang berbau tahayul, ia begitu semangat menyuruhku mengunjungi Museum Ullen Sentalu kalo aku sedang berada di Yogyakarta.

Ditambah lagi beberapa fakta yang kutemukan di mesin pencari Mbah Google. Mesin si Mbah yang berpengetahuan super luas ini berkata padaku:
"Yes, kamu harus mengunjungi Ullen Sentalu Ifa, karena museum ini cukup aneh, tidak ada foto di halaman saya yang menampilkan situasi atau kondisi di dalam museum," kata si Mbah.
"Pun nggak ada pengunjung yang diijinkan mengambil gambar di dalam museum," lanjut si Mbah.

Hezzz.. baeklah Mbah.. brangcutt..

Ullen Sentalu. Museum Seni dan Budaya Jawa

6/30/15

Jadwal Libur Tahun 2016

Holaa..
Ga terasa tahun 2016 tinggal beberapa bulan lagi, dan semakin banyak maskapai penerbangan yang menawarkan promo untuk penerbangan tahun depan.
Nah.. buat kamu yang pengen booking tiket promo tapi ga tahu jadwal libur or tanggal merah tahun 2016, artikel ini pas banget buat di bookmark.. ;)

Olrite.. ga pake lama, langsung aja yuk, intip jadwal libur tahun 2016, cuss.. ^_^

Berikut adalah hari libur dan cuti bersama pada tahun 2016

Jumat, 1 Januari – Tahun Baru Masehi 2016
Senin, 8 Februari – Tahun Baru Imlek 2567
Rabu, 9 Maret – Hari Raya Nyepi 1938
Jumat, 25 Maret – Wafat Yesus Kristus
Minggu, 1 Mei – Hari Buruh Nasional


6/11/15

Bermalam di Stasiun dan Bandara

Tiba tengah malam di bandara atau stasiun kereta atau terminal bus memang menyebalkan. Betapa tidak, perasaan was-was pasti langsung muncul karena di saat sebagian orang terlelap dalam tidurnya, sebagian lainnya justru mulai terjaga, bergerilya mencari korban.

Berada di terminal bus/stasiun/bandara saat tengah malam menjadi hal yang sangat rawan bagi penumpang, terutama penumpang wanita. Wanita adalah kaum yang paling rentan terserang tindak kriminalitas di area public di malam hari, apalagi jika bepergian seorang diri.

Beberapa waktu lalu aku melakukan perjalanan seorang diri. Dalam perjalanan pulang, beberapa kali aku tiba tengah malam/menjelang dini hari di bandara, terminal bus, maupun stasiun kereta di Jakarta.

Berangkat dari pengalamanku tiba tengah malam atau menjelang dini hari tersebut, berikut beberapa hal yang aku lakukan agar terhindar dari tindak kriminalitas saat tiba tengah malam/menjelang dini hari di bandara/terminal bus/stasiun kereta api.

Semoga tips ini berguna (terutama) bagi para ladies, walaupun sebenarnya kejahatan bisa terjadi dimana saja, kapan saja, dan bisa menimpa siapa saja.. *amit-amit ye..mudah-mudahan ga kejadian sama kita (kriminalitas-red), aminn..*

Stasiun KA Senen

Kelayapan di Taman Sari

Cerita sebelumnya .. Intip Koleksi Patung De Arca

Sang raja berdiri tegap di dalam benteng. Tubuhnya menghadap jendela, mengamati dengan seksama para selir yang sedang asyik mandi sambil bersenda gurau. Tubuh-tubuh molek yang basah dan tidak ditutupi sehelai benangpun bertebaran di sekitar kolam pemandian yang disekelilingnya tumbuh subur bunga-bunga beraneka warna dalam bejana raksasa yang terbuat dari bebatuan alam.

Raja memanggil salah satu dayangnya dan menitah. Dengan penuh rasa hormat, sang dayang menganggukkan kepala, menyembah, dan beringsut dari hadapan raja.

Setengah bergegas, dayang tadi menuruni tangga benteng, berjalan menuju kolam yang penuh dengan perempuan-perempuan cantik. Setibanya di bibir kolam, dayang tadi memanggil dengan hormat salah satu perempuan cantik yang ada di situ.

Semu merah merona pipi sang perempuan saat mengetahui dirinyalah yang diinginkan untuk menemani sang raja berendam bersama..

Benteng di Kolam Pemandian Taman Sari

(flash back)
(09/03/2015)

Sejak pkl. 07 pagi aku sudah selesai packing. Sebuah tas ransel hitam dan sebuah plastik besar berisi oleh-oleh tergeletak di atas tempat tidur. Kulirik jam di tangan. Hmm.. masih ada waktu untuk keliling kota sebelum chek out pkl 13 siang.

6/10/15

Intip Koleksi Patung De Arca

Cerita sebelumnya: Berburu Kerajinan Kulit di Manding

Mau liat gaya superhero Spiderman saat pensiun dan memutuskan untuk tinggal di Yogya? ato mo foto bareng pemeran film The Avangers? Well.. semua bisa kamu lihat dan lakukan di De Arca - Statue Art Museum (museum patung seni).

Selain tokoh-tokoh di atas, di museum yang terletak di Kota Yogyakarta ini, kamu juga bisa menemukan koleksi patung-patung yang menyerupai tokoh-tokoh terkenal di Indonesia dan dunia. 

So.. ga perlu lagi jauh-jauh ke Madame Tussauds di Bangkok or Hongkong kalo di negara sendiri juga punya museum semacam itu. Intip dalemnya De Arca yuksss.. ^_^

Spiderman with blangkon + sarung batik + perut buncitnya ;))

6/9/15

Berburu Kerajinan Kulit di Manding

Berburu kerajinan kulit khas Kota Gudeg untuk dijadikan oleh-oleh atau cinderamata merupakan suatu keharusan bagi sebagian wisatawan. Apalagi Yogyakarta memiliki segudang lokasi yang menjual kerajinan kulit.

Cobalah melipir sejenak ke Desa Manding. Di situ ada Sentra Industri Kerajinan Kulit Manding yang didapuk sebagai salah satu tempat untuk berburu oleh-oleh khas Yogyakarta, yang harganya tentu saja bersahabat dengan kantong kamu ;)

----
(flash back)

Cerita sebelumnya: Cari Wangsit di Gumuk Pasir Parangkusumo?

Waktu masih menunjukkan pkl. 12 siang saat bus tujuan Yogyakarta yang membawaku menggelinding keluar dari Terminal bus Parangtritis.

Setelah berjibaku dengan pasir dan berpeluh ria di Gumuk Pasir Parangkusumo, hari itu aku hendak melipir sejenak ke Sentra Industri Kerajinan Kulit Manding, yang terletak di Desa Manding, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Mengapa aku ingin berkunjung ke Manding? sebab, bus tujuan Yogya yang aku tumpangi ini melewati Manding. So, kenapa ga sekalian mampir? sekali merangkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui, halahh.. alesann.. bilang aja mo belanja belenji hahaha.. :p

Well well.. Yogyakarta memang memiliki segudang lokasi yang menjual kerajinan kulit. Biasanya, wisatawan berburu kerajinan kulit khas Kota Gudeg untuk dijadikan oleh-oleh atau cinderamata. Nah, salah satu tempat untuk berburu oleh-oleh khas Yogyakarta adalah Sentra Industri Kerajinan Kulit Manding.

Olrite.. lanjut lagi yaks..
Berhubung aku tidak tahu harus turun dimana, aku pun berpesan pada supir bus agar menurunkanku di Manding, hihihi..

Gapura Sentra Industri Kerajinan Kulit Manding

4/24/15

Look Up - Gery Turk

What he said is true. Nowadays people love their phone & sosial media more than go outside and talk to another, face to face ...


video




3/26/15

Cari Wangsit di Gumuk Pasir Parangkusumo?

Sebulan sebelumnya...
Mataku secara ketat mengawasi layar monitor komputer dihadapanku, mencari-cari tiket kereta api ekonomi tujuan Yogyakarta, and I got it ;)
Only IDR 100K untuk perjalanan PP: Jakarta - Yogya - Jakarta, very cheap rite? ^_^

and I call this journey is Bday Getaway.. ^_^
Yeup.. It was my bday when I did this trip, hehehe.. ^_^
and also solo backpacker again, after long time.. 
Yasud.. please enjoy my story.. ^_^

Me @ Gumuk Pasir ^^

Day 01 
Stasiun Senen & Kereta Ekonomi Progo
(07/03)

Waktu sudah menunjukkan pk. 21 malam saat aku melangkah keluar dari Halte TransJakarta Senen. Dari situ kulangkahkan kaki menuju Stasiun Senen yang berjarak sekitar 300 m. Beberapa kernet bus yang ngetem di pinggir jalan memanggil manggilku dan menawarkan jasa busnya, tapi aku terus berjalan.

Setelah kurang dari 10 menit jalan kaki, aku tiba di depan Stasiun Senen. Hm.. stasiun ini sudah mengalami banyak sekali perubahan. Tampilan gedungnya lebih bagus, modern, bersih, dan rapih. Jauh berbeda dengan tampilan Stasiun Senen yang dahulu.

3/6/15

Bogor Botanic Garden & Commuter Line

Previous story .. Inside of Bogor Botanic Garden

As I said before, I will show you how to visit Bogor Botanic Garden from Jakarta, by a very cheap public transportation. It is Commuter Line (train).

Commuter Line or CL is mass public transportation that connecting Jakarta with suburb areas such as Bogor, Depok, Bekasi, Serpong, and Tangerang.

To visit Bogor Botanic Garden, we have to use CL route Jakarta - Bogor or Jatinegara - Bogor.

The ticket price for CL is very cheap. For example, from Jakarta - Bogor only IDR 11K with refundable deposit IDR 5K. So the ticket from Jakarta - Bogor actually is only IDR 6K, very cheap rite? :)
For information about CL ticket you can find in this link and this

Commuter Line (CL). pic by google

2/26/15

Inside of Bogor Botanic Garden

It's weekend and you are confused where to spend it?
Bogor Botanic Garden can be the place to spend your holiday.. Fresh air and green views everywhere, can make your soul be more calm and healthier.. :)

Bogor Botanic Garden or (in Indonesian language: Kebun Raya Bogor) is one of seven famous botanic gardens in the world. It has 87 ha. and filled by more than 15.000 kinds of plants. Bogor Botanic Garden is the oldest botanic garden in Asia.

Bogor Botanic Garden also known as the house of Rafflesia Patma (Bunga Bangkai -  Rafflesia Arnoldi's family).

Rafflesia Patma (Bunga Bangkai). Only in specific periode this flower blooming. Photo by Google

What we can do in this botanic garden? A LOT!
You can play, sport (running, riding bycicle, skateboard, yoga, etc), hunting pictures, relaxation, studying, picnic, etc..

In this place, you can see many gardens. These gardens are designed by unique themes, such as Palm Garden (it means that this garden is full with many kind of palm trees), Bamboo Garden, etc.

It is also cheap if you spend your holiday here. The ticket only IDR 15K to enter Bogor Botanic Garden. And it is easy to visit this botanic garden by public transportation. Please read How to Visit Bogor Botanical Garden by Public Transportation in this article

Olrite.. let's take a walk and see inside of Bogor Botanic Garden.. ;)

1/29/15

Weekend Getaway - White Crater (Ciwidey)

Due to busy work & rainy season (that made me hibernate at my cozy room) & lazy (this is the true reason.. :p), finally I am blogging againn.. (^__^)

If you live in Jakarta, and want to spend your weekend, why don't you try to visit Ciwidey, Bandung?

Ciwidey or known as Kawah Putih (White Crater), is one of the best scenery that you can see in West Java.
(FYI, Ciwidey is the name of an area in south of Bandung City, West Java Province, Indonesia. It has some tourist attractions. One of those tourist attractions is Kawah Putih (White Crater). In common, when people said that they want to go to Ciwidey, others will assume that they will go to Kawah Putih (White Crater). For more info about White Crater, please check wikipedia).

But.. it is a big NO! if you want to go to Ciwidey during rainy season. Why? here is my story.. ;)

My journey to White Crater - Ciwidey, has planned since many many weeks ago, but accomplished on Saturday, December 12, 2014 (now you see.. how long that I took to write this article.. :p). This is my 2nd times to visit this place.

That day was a shiny day when three of us left Kampung Rambutan Bus Station. It was around 08.30 AM when the bus was entering the highway.
(Note: You can take a bus to Bandung from bus stations in Jakarta. There are some bus stations, such as Kampung Rambutan, Lebak Bulus, Pulo Gadung, and Rawamangun, that provide buses to Bandung.
Or you can take travel bus, such as Cipaganti, or train. It is all up to you).

Groufie at the bus.. ^^