"Just because you can't see it, doesn't mean it isn't there" - Laut bukan tempat sampah!

11/30/15

Kuliner di Yogyakarta

Wisata kuliner sepertinya menjadi hal wajib bagi sebagian pelancong jika sedang berkunjung ke kota lain. Berikut adalah beberapa tempat kuliner atau makanan yang menurutku wajib coba kalo kamu berkunjung ke Yogya, mayan-lah buat referensi.. ;))
cheers.. ;)

Angkringan

Nongkrong di angkringan sepertinya hal yang tabu untuk ditinggalkan kalo kamu berkunjung ke Kota Yogyakarta. Angkringan bisa kamu temui di sepanjang Jl. Malioboro maupun di dekat Stasiun Tugu. Angkringan ini sebutan untuk pedagang kaki lima pinggir jalan yang berjualan makanan dan minuman ringan. Ciri khas Angkringan ini adalah menjual nasi kucing..

Eh iya, nasi kucing ini bukan nasi buat kucing yeee.. tapi nasi yang dibungkus dengan kertas dimana jumlah nasinya hanya sedikit (jumlahnya seperti nasi yang diberikan untuk kucing), ga lebih dari sekepelan tangan.

Nah, nasi ini dilengkapi dengan berbagai macam lauk yang juga dengan jumlah minim di dalamnya. Biasanya lauk di dalam nasi berupa telur, mie, tempe, dan ayam suir. Harga nasi kucing pun terbilang murah sebungkusnya mulai dari Rp 2.000.

Nasi kucing di angkringan..

Sebagai pendamping nasi kucing, juga dijual berbagai macam gorengan seperti tahu dan tempe.
Dan untuk kamu penggila kopi, kamu bisa menjajal keunikan Kopi Joss yang dijual di sini.

Kopi Joss adalah kopi hitam yang diberi arang yang masih membara. Kalo kata penjualnya sih arang tersebut berfungsi untuk mencegah masuk angin. Arang yang digunakan pun berasal dari kayu khusus, yakni kayu Sambi. Well.. berhubung aku udah ga ngopi, jadi maap yak kalo foto kopi joss-nya ga ada ;p

Variasi gorengan di angkringan.

Kalimilk

Untuk kamu mahasiswa UGM mungkin tau banget tempat ini karena lokasinya tak jauh dari UGM, yakni di kawasan Kaliurang.

Kalimilk adalah nama sebuah resto yang menjual susu segar dengan varian rasa, seperti mocca, green tea, hazelnut, dan sebagainya. Susu disediakan dalam ukuran small, medium, dan jumbo. Selain rasa minuman susunya enyakk.. harganya pun tak menguras kantong (Untuk yang ukuran medium, segelasnya seharga Rp 15.000-an). Cocoklah untuk kantong mahasiswa.. ;))

Neneners lagi minum susu rasa Hazelnut plus makan risol isi keju + daging cincang + mayonaise. Neneners adalah sebutan bagi pengunjung yang minum susu di tempat ini ;))

I love nenen.. ;))

Tak hanya susu, Kalimilk juga menjual makanan berat maupun ringan seperti risol, tempura, spaghetti, dan sebagainya. Tempat ini kerap dipenuhi pengunjung, jadi tak heran jika untuk makan di sini harus antri menunggu giliran. Tapi tenang saja, ada tempat duduk yang cukup nyaman kok saat antri ;)

Gudeg Wijilan

Kota Gudeg adalah julukan lain dari Kota Yogyakarta. Jadi.. mencicipi gudeg sudah pasti tak boleh dilewatkan jika berada di kota ini. Ada satu lokasi dimana kamu bisa icip-icip gudeg dengan harga yang lebih murah daripada di Malioboro, yakni di Jalan Wijilan.

Di sepanjang jalan ini kamu bisa menemukan warung-warung lesehan yang menjual gudeg. Harga gudegnya mulai Rp 8.500/porsi.

Selamat datang di sentra gudeg..

Deretan warung yang menjual gudeg di Jl. Wijilan

Untuk menuju Jl. Wijilan ini sangat mudah. Kalo dari Malioboro kamu jalan kaki aja ke arah alun-alun keraton Yogya. Dari alun-alun kamu jalan ke arah kiri melewati sebuah gapura. Setelah gapura kamu akan bertemu dengan Jl. Wijilan. Atau kalo males jalan kaki bisa naik becak ;)

Gudeg Malioboro

Selain di Jalan Wijilan, kamu juga bisa menemukan penjual gudeg di Jalan Malioboro. Gudeg yang kumaksud ini lokasinya di depan Pasar Beringharjo. Tapi, penjual gudeg di depan pasar ini berjualan hanya di pagi hari aja lho..
(FYI: sistem penjual di Jalan Malioboro memang bergantian. Pedagang yang berjualan di pagi, siang, sore, malam hari berbeda-beda. Jadi pembagian rejekinya rata).

Yang menjual gudeg di sini adalah ibu-ibu tua dan nenek-nenek. Walaupun harganya lebih mahal dari gudeg Wijilan, jualan mereka selalu laris dikerubuti pengunjung, yaealah.. lokasinya strategis banget cyinn..

Jadi jangan heran kalo kamu ke tempat ini saat musim liburan, bakal ga kebagian tempat duduk alias harus antri.

Gudeng di depan Pasar Beringharjo

Jadah Tempe

Kalo kamu berkunjung ke kawasan Kaliurang - Merapi, tentu kamu akan menjumpai makanan ini. Jadah Tempe namanya. Jadah Tempe adalah makanan khas Kaliurang yang patut kamu coba.

Jadah Tempe terdiri dari tempe bacem dan uli ketan. Cara makannya di tumpuk seperti burger. Uli ketan di bagian bawah, di tengahnya tempe bacem, dan di bagian atasnya ditutup dengan uli ketan lagi. Rasanya unik tapi tetep enak ;)

Makanan khas kawasan Kaliurang: Jadah Tempe

Di depan Taman Wisata Kaliurang ada beberapa penjual yang menjual Jadah Tempe di pinggir jalan. Harga  Rp 10.000/porsi. Satu porsi terdiri dari 5 tempe bacem + 5 uli ketan.
Selain tempe bacem, ada pula tahu bacem. Jadi, kamu bisa memilih mau tempe atau tahu bacem untuk menemani si uli ketan.. :)

Jajanan di Jalan Malioboro

Buat kamu yang sering berwisata atau datang ke Yogyakarta, pasti sudah mengenal betul kawasan Jalan Malioboro. Di sepanjang jalan Malioboro banyak sekali variasi makanan maupun minuman yang menggugah selera. Berikut aku rangkum beberapa jajanan yang asik untuk dicoba kalo sedang berada di kawasan ini.

Wedang Ronde
Wedang ronde yang menjadi langgananku ada di depan Jalan Sosrokusuman. Hanya di malam hari kamu bisa menemukan penjual wedang ronde karena memang  rasa jahenya mampu menghangatkan tubuh dari dinginnya udara malam. Harga satu mangkuk wedang Rp 5.000.

Wedang ronde.. ^^

Es Dawet + Lumpia
Merasa lelah setelah shopping? coba deh melipir ke kaki lima di kawasan Malioboro. Di situ kamu bisa istirahat sambil menyeruput es dawet. Es dawet adalah minuman dingin yang terdiri dari campuran dawet + gula merah + santan.

Banyak penjual es dawet di sepanjang Jalan Malioboro. Kalo menurutku sih rasa es dawet-nya gak terlalu istimewa, tapi lumayan-lah buat menghapus dahaga. Tapi.. yang enak itu gorengan lumpianya.

Lumpia isi ayam + es dawet

Penjual lumpia yang kumaksud ini lokasinya di depan Hotel Mutiara. Lumpia yang dijual ada tiga rasa, yakni isi ayam, daging, dan sayuran. Lumpia disajikan panas-panas dengan taburan bengkoang parut di atasnya, nyam nyam..

Warung Masakan Padang

Warung Masakan Padang yang kumaksud ini dekat dengan Kampus UGM, di Jalan Kaliurang. Rumah makan ini rekomen banget untuk kamu yang cari masakan padang dengan harga murahh.. ^^

Yeup.. rumah makan ini memang menjadi langganan para mahasiswa yang mencari makanan enak tapi murah. Cara penyajiannya prasmanan (ambil sendiri). Sebagai perbandingan harga, nasi + sayur + ayam goreng + rendang daging dihargai Rp 16.000 saja.. :D
*sorry aku kelupaan foto tempat ini ;))

That's it.. kalo ada yang mo nambahin monggo komen di bawah ini.. ;)


Salam

Ifa Abdoel

12 comments:

  1. Mba Ifa, itu bukan jalan Munjilan, tapi wijilan...hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oiya salah ya.. hahaha... :))
      thx koreksinya :D

      Delete
  2. Mba Ifa, itu bukan Jadan tempe tp Jadah tempe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooh..kirain pake n.. hihihi..
      thx koreksinya :D

      Delete
  3. wahhh..baca postingan ini siang2 jadi bkin lapeeerrr..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..emang udah waktunya makan siang ^^

      Delete
  4. Waduh pengin mudik ke JOGJA, Ada satu lagi nih,..brongkos

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayur brongkos ya.. sy blom sempet nyobain ^^

      Delete
  5. Sate klatak pak Pong dekat stadion sultan agung bantul,, recomended banget

    ReplyDelete