"Just because you can't see it, doesn't mean it isn't there" - Laut bukan tempat sampah!

7/12/10

Ke Festival Monas Nyoookk...

Hari itu (sabtu, 10 Juli 2010), gue sengaja menyempatkan diri untuk mengunjungi Monas (Monumen Nasional), icon Kota Jakarta. Lha... ko tumben jalan ke Monas? Yup, di Monas sedang berlangsung sebuah acara yang bertajuk Festival Monas... Kata Bang Foke (itu tuh, Gubernur DKI), festival ini merupakan bagian dari peringatan HUT Kota Jakarta yang ke 483.

 eni die nyang namenye Monas...

Festival itu sendiri sebenarnya sudah dimulai sejak Jumat kemarin dan berakhir pada hari Minggu (11/7). Jadi... berhubung taon ini gue absen dateng ke PRJ (karena stand dan acara di PRJ tiap taon ga ada perubahan yang signifikan alias itu2 mulukkk... bikin gue bosen :p) makanya gue bela-belain dateng ke Monas hari itu.

Menurut informasi yang gue baca dari berbagi sumber, seperti vivanews, tempointeraktif dan kompas.com, kabarnya di hari kedua festival ada festival layang-layang dua dimensi... Wah... penasaran dong gue... nggak cuma itu, katanya lagi, di festival ini gue juga bakal nemuin fetival jajanan atau wisata kuliner, bazar, panggung band, dan acara tari-tarian tradisional.
So... tanpa pikir panjang lagi, gue langsung meluncur menuju Monas.

Buat  yang belom pernah ke Monas, akses ke sana gampang banget ko... naek busway (transjakarta) ajah... langsung dah berhenti di depannya. Bayar buswaynya juga  murah ko... cuma Rp 3.500 *beuh..*

Gue tiba di Monas sekitar pkl 14.30 WIB. Hmmm... udah lumayan kesiangan... Tapi alhamdulillah... cuaca siang itu mendung, jadi gue ga berasa kepanasan saat jalan-jalan di pelataran Monas yang super duper luas itu... ;)) O ya...untuk memasuki pelataran Monas ini, nggak perlu pake bayar, alias gretong... mayan kan?...:D

 bus wisata nyang nganterin pengunjung sampe depan tugu Monas

Tiba di Monas


Harus gue akui, jalan-jalan di Monas sore hari memang cukup menyenangkan, apalagi pelataran monas tampak ramai dengan pengunjung yang hendak menghabiskan waktu luangnya di hari libur. Ada yang menggelar tikar dan makan bersama keluarga di hamparan rumput, ada yang sibuk poto sana poto sini (like me...hihihihi ;)), ada yang menemani anak-anaknya main layangan, ada yang pacaran, ada yang jualan...dsb.

suasana Monas di sore hari


nyang pengen buang aer kecil atawa aer gede, 
disini disedian tempat ko...ni die bentukan toiletnye

Dengan santai gue melangkah ke pelataran sebelah timur Monas, di sana tampak sebuah panggung kecil yang di atasnya sedang beraksi sebuah band ibukota (nggak terkenal sih... tapi mayanlah buat hiburan...;p)

panggung yang isinya band lokal

Tak jauh dari panggung, tampak tenda2 kerucut warna putih berjejer rapih di kiri-kanan pelataran Monas...


Tenda-tenda itu menjual berbagai macam pakaian, perhiasan, dan berbagai macam pernak-pernik lainnya. Tak hanya itu, tenda kerucut tersebut juga menjajakan berbagai macam jajanan, mulai dari makanan berat, cemilan, kue basah, minuman ringan, kerak telor dan sebagainya.

Ada kerak telor, cincau dsb...

Lebih jauh lagi berjalan menyusuri tenda2 kerucut itu, gue menemukan tenda dinas Jakarta Pusat dan tenda2 museum yang ada di Jakarta, seperti museum naskah proklamasi, museum wayang, museum tekstil dan sebagainya.


Ga terasa udah hampir 2 jam gue jalan-jalan di pelataran Monas. It's time to go... lumayanlah, sore itu menghabiskan waktu di Monas, walaupun agak kecewa karena nggak ngeliat satupun layangan 2 dimensi yang mengangkasa, juga nggak ngeliat tari-tarian tradisional yang katanya ada (apa mungkin tariannya hanya ada di hari pertama yah :p)...

But, so far... Festival Monas ini gue dukung banget keberadaannya. Karena walau bagaimanapun juga, gue sebagai warga Jakarta yang baek, harus mendukung program pariwisata pemerintah kota Jakarta... Sebelum pulang, nggak lupa gue mencicipi somay bandung yang rasanya top margotoppp... :D

Dirgahayu Jakartaku Tercinta!!


Salam
ifa abdoel

2 comments:

  1. antab brooo jd pengen back pakeran ne dr jember heheh

    ReplyDelete
  2. oww... u r from jember :)
    come... visit jakarta n other places in indonesia with ur backpack... ;)
    It will be lovely to see parts of our country ^_^

    ReplyDelete